Tips Jitu Sukses SNMPTN

  • Whatsapp
Tips Jitu Sukses SNMPTN

Aku adalah seorang kakak yang memiliki dua orang adik kembar. Saat ini adikku sedang duduk di kelas 12 SMA. Mereka sedang mempersiapkan ujian Nasional dan ujian-ujian lainnya. Aku sudah kurang informasi tentang jalur masuk Universitas saat ini. Ternyata ada tiga jalur masuk universitas yaitu :

  1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi negeri)
  2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  3. Ujian Mandiri

Kedua adikku ingin sekali masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, katanya dengan jalur itu mereka tidak perlu susah untuk belajar dan berpikir saat mengerjakan soal. Jalur SNMPTN adalah jalur yang diukur dari nilai raport yang didapat dari semester 1 sampai semester 5. Ternyata sistemnya masih sama namun hanya namanya yang berubah. Adikku sudah memperkirakan nilai raport mereka. Dan aku memberi saran untuk mempertahankan nilai mereka setidaknya tidak turun dari semester sebelumnya di semester akhir ini. Namun selain mempertahankan nilainya. Adikku juga harus memperhatikan hal lain dalam mengikuti jalur SNMPTN ini.

  1. Cara pertama memang harus banyak belajar, usahakan semester akhir ini nilai-nilai adikku tidak ada yang menurun satu pun. Caranya adalah dengan belajar. Aku memberikan usul untuk adikku mengunduh aplikasi Ruangguru dan meminta kedua orang tua ku untuk berlangganan aplikasi tersebut. Walaupun kedua adikku sudah mengikuti bimbel di luar sekolah, tapi ada baiknya jika menambah bahan pelajaran lagi salah satunya dari aplikasi Ruangguru ini. Produk dari Ruangguru salah satunya adalah Ruangbelajar. Ruangbelajar ini adalah produk yang dapat dimanfaatkan oleh kedua adikku untuk mendapatkan tambahan belajar. Di sana terdapat materi yang lengkap, soal yang variatif dan pembahasan soal yang rinci. Maka dari itu adikku dapat banyak belajar dan berlatih melalui aplikasi ini
  2. Selain belajar, pintar memilih jurusan juga penting. Tidak perlu muluk-muluk jika memilih jurusan dan universitas. Kenali dulu nilai kita sebaik-baiknya. Jika memang di batas yang wajar nilainya, maka pilihlah jurusan dengan rating yang tidak terlalu tinggi. Begitupun sebaliknya.
  3. Mengumpulkan informasi dari teman-teman di sekolah juga penting, jurusan apa yang banyak dipilih oleh teman-teman kita dan misal sudah ada salah satu teman yang memilih jurusan yang sama, maka lihat profil dari teman kita itu, apakah kira -kira nilai raportnya lebih baik dari kita atau ga. Jika memang jauh lebih baik maka lebih baik kita cari aman dengan pilih jurusan lain, begitupun jika memang yang memilih kira-kira nilai raportnya tidak di atas kita maka kita boleh dengan PD tetap mengambil jurusan tersebut. Intinya tidak perlu muluk-muluk dalam menentukan jurusan dan universitas.

Setelah semua langkah di atas sudah diikuti dengan baik, tinggal berdoa agar semua usaha yang sudah kita lakukan dapat memberikan hasil yang memuaskan, karena memang SNMPTN adalah seleksi yang sulit ditebak bagaimana sistem pemilihannya.