Kita tahu bahwa sampai saat ini fungsi tulang kering sangat penting bagi tubuh manusia. Bagi Anda yang belum tahu, tulang kering merupakan salah satu dari sekian banyak tulang yang ada tubuh manusia dan menopang tubuh sehingga bisa berdiri dengan tegak. Tulang kering terletak di area tungkai kaki manusia dan merupakan salah satu tulang yang memiliki ukuran cukup besar kedua dari semua tulang yang ada pada tubuh manusia.

Tubuh manusia terbentuk dari berbagai macam susunan rangka serta otot yang mana rangka tersebut terdiri juga dari berbagai tulang serta sendi. Sebagaimana fungsi dari berbagai macam anggota kerangka tubuh manusia yang lain, tulang memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai tempat melekatnya otot-otot. Namun dilain hal tulang juga memiliki fungsi yaitu untuk membentuk sistem gerak tubuh. Salah satunya yaitu tulang kering.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari tulang kering yang perlu Anda ketahui:

  • Penyambung antara lutut serta pergelangan kaki

Tulang kering memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia, salah satunya yaitu merupakan penyambung antara lutut serta pergelangan kaki. Terhubungnya lutut serta pergelangan kaki yang sempurna maka akan menghasilkan pergerakan kaki yang sempurna dan baik.

  • Sebagai penyangga otot tungkai kaki

Selain sebagai penyangga antara lutut dengan pergelangan kaki, tulang kering juga memiliki fungsi yaitu dapat digunakan sebagai penyangga pada otot yang terletak di bawah tungkai pada kaki manusia. Otot ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu dapat digunakan sebagai penguat tubuh saat manusia sedang berdiri.

  • Penyangga berat badan

Tulang kering yang sehat dapat dipastikan juga akan memiliki kaki yang kuat dan mampu untuk menopang berat badan dengan baik bahkan ketika manusia sedang berdiri dan melakukan gerakan. Maka dari itu, disini tulang kering memiliki fungsi yaitu dapat digunakan untuk penyangga berat badan.

  • Menjaga keseimbangan tubuh

Ketika tubuh manusia berdiri dan melakukan berbagai macam gerakan seperti salah satu contohnya yaitu berjalan atau berlari, maka dari itu tulang kering disini sangat diperlukan dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan dengan baik supaya tubuh tidak mudah terjatuh.

Melihat berbagai macam fungsi dari tulang kering di atas dan sangat penting bagi tubuh manusia, maka sudah sewajarnya kita harus menjaga kesehatan tulang kering yang ada pada tubuh kita. Terlebih bagi Anda yang memang sangat menyukai olahraga seperti lari dan jalan cepat serta olahraga lain yang bertumpu pada kaki, maka Anda harus benar-benar menjaga kesehatan tulang kering yang terdapat pada kaki.

Selain dari pada berbagai macam fungsi dari tulang kering yang sangat penting bagi tubuh manusia, Anda juga harus tahu bahwa ada juga beberapa hal yang akan menjadikan tulang kering pada tubuh tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut sudah pasti tidak boleh Anda anggap remeh begitu saja, mengingat bahwa tulang tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Biasanya fungsi tulang kering tidak bekerja secara maksimal karena disebabkan oleh beberapa hal seperti pernah mengalami cedera dan patah tulang kering sehingga fungsi dari tulang tersebut tidak maksimal. Penyebab lain adalah cedera tulang kering yang biasanya disebabkan karena aktivitas yang sangat berlebihan serta terjadinya osteoporosis atau tulang mengalami pengeroposan. Jadi mulai sekarang perhatikan kesehatan tulang kering yang ada pada tubuh sehingga bisa berfungsi secara maksimal.