Kiat Mengenali Air Minum Berkualitas

  • Whatsapp
Kiat Mengenali Air Minum Berkualitas

Asupan air putih tak dapat digantikan dengan minuman lainnya. Pasalnya, tubuh memerlukan mineral yang tidak dapat diproduksi sendiri. Sehingga minum air putih secara rutin dan teratur merupakan kewajiban untuk setiap orang untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya mendapat mineral, sehingga fungsi organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. Mineral sendiri sangat penting untuk tubuh meskipun dalam jumlah yang tidak banyak.

Dr. Ulul Albab, SpOG sebagai Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menerangkan Indonesia belum memiliki riset komprehensif yang memaparkan mineral jenis apa yang paling jarang dikonsumsi masyarakat. Namun, orang dengan kondisi tertentu membutuhkan mineral yang lebih spesifik[1].

Sebelum membahas kandungan mineral sebagai air minum berkualitas, pastikan terlebih dahulu air minum anda tidak memiliki warna atau jernih, dan jangan mengkonsumsinya jika ada warnanya atau keruh. Kemudian periksa rasanya, air minum yang baik tidak memiliki rasa atau tawar. Dan terakhir, pastikan air minum Anda tidak memiliki bau. Karena jika air tersebut berbau, dipastikan telah terpapar kotoran atau kotoran yang berbahaya untuk kesehatan[2].

Setelah Anda memastikan seluruh aspek dari air minum tersebut baik, maka kenali lah beberapa kandungan air minum yang berkualitas untuk membantu tubuh Anda mendapat asupan air serta mineral yang dibutuhkan. Dan berikut mineral-mineral bermanfaat untuk tubuh yang terkandung dalam air minum berkualitas[3] :

  1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang mampu mendukung fungsi tubuh. Kalsium berperan penting dalam penguatan struktur tulang manusia. Ketika jaringan tulang rusak, kalsium dapat memberikan deposit pembentukan tulang baru. Kalsium sendiri tidak hanya dapat diperoleh dari makanan ataupun susu, tetapi juga dari air mineral.

  1. Kalium

Secara umum, kalium dapat mendukung penguatan tulang dalam tubuh. Melengkapi fungsi kalsium, kalium dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, kalium juga membantu menstabilkan tekanan darah dan penyimpanan air dalam tubuh. Serta manfaat kalium tak kalah penting adalah mampu meregulasi keseimbangan cairan dalam tubuh.

  1. Natrium

Natrium, salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Natrium mampu menjaga fungsi otot dan sistem saraf. Natrium yang masuk ke tubuh melalui berkontribusi untuk menstabilkan kadar air di dalam tubuh. Selain itu, natrium dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kandungan ion dalam tubuh. Saat cuaca panas, natrium juga membantu untuk mengurangi kehilangan cairan.

  1. Magnesium

Magnesium merupakan kandungan dalam mineral penting yang berperan lebih dari 300 enzim yang bekerja di dalam tubuh. Magnesium juga mendukung kerja saraf dan otot, meregulasi tekanan darah, serta meningkatkan sistem imunitas. Magnesium dapat berkontribusi terhadap Anda yang mengalami tekanan darah tinggi, gagal jantung yang disebabkan sumbatan, dan detak jantung yang tidak beraturan. Selain itu, magnesium dapat berfungsi menurunkan penyakit kardiovaskular dengan menurunkan dan menstabilkan tekanan darah.

  1. Selenium

Selenium merupakan kandungan mineral penting yang memiliki antioksidan. Selenium dapat berperan penting dalam mengelola metabolisme tubuh. Sama seperti mineral lainnya, mineral ini juga dapat mengurangi risiko gangguan jantung dengan mengurangi peradangan dan kerusakan jaringan di dalam tubuh. Salah satu fungsi selenium lainnya adalah membantu perbaiki sistem imunitas tubuh.

Untuk menyajikan air minum berkualitas yang mengandung banyak mineral, AQUA selalu melakukan berbagai uji coba serta tes kualitas mata air sebelum memilih sumber mata air. Setelah ditentukan sumber mata airnya, air kemudian diproses di pabrik dekat sumber air menggunakan pipa-pipa stainless steel anti karat dan dilakukan penyaringan untuk memisahkan kotoran-kotoran yang dapat berbahaya untuk tubuh. Kemudian air dikemas di macam-macam kemasan tanpa campur tangan manusia untuk menjaga kesterilan air. Proses ini pun dilakukan dengan tingkat higienis yang tinggi agar dapat memberikan kebaikan alam dari mata air pegunungan untuk Anda di setiap tetesnya.

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

Referensi :

  1. https://cantik.tempo.co/read/801926/kandungan-mineral-dalam-air-putih-dan-apa-saja-kegunaannya
  2. https://www.sehataqua.co.id/ciri-ciri-air-yang-aman-dikonsumsi/
  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mengulik-3-kandungan-air-mineral/

Related posts