Khasiat Bawang Merah untuk Kecantikan

  • Whatsapp
Khasiat Bawang Merah untuk Kecantikan

Bawang merah umumnya digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu masakan pada berbagai makanan khas Indonesia. Namun, ternyata kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalam jenis bawang yang satu ini mampu dijadikan sebagai alternatif untuk menjaga dan memelihara kecantikan.

Hal ini tentunya mampu menarik perhatian wanita Indonesia untuk memanfaatkan bahan alami ini sebagai bentuk skin care pendamping yang dapat digunakan secara rutin. Apa sajakah khasiat bawang ini untuk kecantikan? Simak penjelasan berikut ini.

Beberapa Khasiat Bawang merah untuk Kecantikan

Berikut beberapa khasiat yang dimiliki oleh jenis bawang ini untuk kecantikan, antara lain :

  1. Menyamarkan Noda Hitam

Jenis bawang yang satu ini memiliki kandungan asam yang menjadi senyawa dengan fungsi menyamarkan noda hitam pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan masker berbahan dasar bawang ini secara merata pada area kulit wajah.

Dengan waktu 15 menit dan dilakukan secara rutin maka noda hitam akibat bekas jerawat atau warna kulit wajah yang belang mampu tersamarkan. Tidak sedikit pula penggunaan masker dari bawang ini juga disertai dengan penggunaan air kelapa sebagai langkah terakhir ketika penggunaan masker.

Sehingga air kelapa ini yang nantinya akan membersihkan wajah Anda dari masker bawang tersebut. Nantinya air kelapa ini juga akan bereaksi dengan kandungan asam pada bawang untuk memberikan hasil yang optimal dalam menyamarkan noda hitam pada wajah.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Dengan adanya kandungan asam pada bawang merah ini yang mampu menyamarkan noda hitam pada wajah. Tentunya juga berperan dalam mencerahkan kulit wajah yang kusam akibat paparan sinar matahari dan kontak dengan debu.

Oleh karena itu, penggunaan masker bawang merah secara rutin mampu mengembalikan kecerahan kulit dan mampu menyegarkan kulit wajah. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar rumah dan memiliki jadwal kegiatan yang padat.

Maka alternatif kecantikan yang dapat Anda gunakan adalah masker bawang merah yang mudah diaplikasikan secara rutin dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengaplikasiannya.

  1. Berfungsi sebagai Anti Aging

Bawang merah merupakan salah satu bumbu yang mengandung senyawa antioksidan dan terdapat kandungan asam. Komponen senyawa kimia ini tidak hanya berperan bagi kesehatan tubuh tetapi juga berperan dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Salah satunya adalah berperan dalam mencegah adanya penuaan dini pada kulit wajah. Dua senyawa tersebut mampu membantu kulit terhindar dari adanya kontaminasi radikal bebas dan meregenerasi sel-sel kulit wajah. Sehingga mampu mencegah adanya kerutan yang muncul pada sekitar mata, tepi bibir, dan pipi.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Bawang merah tentunya juga memiliki peranan dalam meningkatkan kesehatan kulit dengan adanya kandungan sulfur dan antibakteri. Komponen senyawa ini mampu menghindarkan kulit wajah dari masalah jerawat, komedo, dan hal lainnya.

Anda bisa mengaplikasikan bawang ini menggunakan minyak zaitun selama 20 menit atau lebih pada permukaan kulit wajah secara rutin. Tentunya frekuensi pengaplikasian akan berpengaruh terhadap hasil yang nantinya akan Anda peroleh.

  1. Memelihara Kesehatan Rambut

Tidak hanya untuk kecantikan kulit wajah, bawang merah juga berperan untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang ini mampu membantu produksi jaringan kolagen yang menjadi komponen pendukung pertumbuhan rambut.

Anda dapat mengaplikasikan bawang tersebut dengan cara mengoleskannya ke bagian kulit kepala dalam waktu 15 menit. Kemudian bilas dengan shampo yang memiliki komposisi ringan.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai khasiat dari bawang merah untuk kecantikan baik itu kecantikan kulit wajah atau memelihara kesehatan rambut. Penggunaan masker bawang ini secara rutin tentunya dapat memberikan hasil yang optimal pada kulit wajah atau rambut.

Oleh karena itu, apabila Anda menggunakan bahan alami ini sebagai alternatif untuk menjaga kecantikan kulit wajah atau rambut makan perlu frekuensi penggunaan yang rutin. Selamat mencoba dan bersenang-senang!

Related posts