Sumber : tentik.com

Seiring berjalannya waktu, zaman tiada hentinya memperlihatkan kecanggihannya. Tetapi apakah itu semua bisa menggantikan kecanggihan teknologi sekarang ini? Teknologi saat ini bisa saja berkembang di bidang persenjataan, tapi tak berlaku untuk senjata andalan pada zaman perang yang masih digunakan hingga sekarang.

Hanya daerah-daerah tertentu saja yang memproduksi senjata-senjata ini dan menjadikannya sebagai mata pencaharian masyarakat yang berprofesi sebagai pandai besi. Senjata apa saja sih yang digunakan pada zaman penjajah dan masih eksis sampai sekarang ini? Yuk, langsung saja simak disini!

  1. Karambit

Sumber : karambit.com

Karambit merupakan salah satu senjata yang digunakan pada masa penjajahan dan berasal dari Minangkabau. Dengan bentuk kecil dan ringan yang dimilikinya karambit menjadi salah satu senjata terkuat di dunia lho, sob! Karena selain mudah digunakan, karambit saat ini dipakai untuk senjata di dunia pencak silat. Hebatnya lagi karambit ini tak hanya digunakan di Indonesia, bahkan para militer AS menggunakan karambit sebagai salah satu senjata rahasia mereka. Keren, kan?

  1. Panahan

Sumber : blog.kurio.co.id

Sebagai pengganti tombak, busur atau panahan ini ditemukan sekitar 10.000 – 9.000 SM pada masa Paleolitik. Panah ini menjadi senjata terbaik untuk jarak jauh pada masa peperangan, jadi tak heran jika dahulu panah sering digunakan untuk berburu. Kini panahan menjadi salah satu cabang olahraga favorite dan olahraga yang sunnah bagi umat muslim. Pada ajang Asian Games 2018, di cabang olahraga ini Indonesia berhasil membawa pulang medali perak dan perunggu. Jika, kamu tertarik berlatih olahraga ini beli saja peralatannya. Banyak kok toko olahraga online maupun offline yang jual panahan ini.

  1. Celurit

Sumber : kamerabudaya.com

Senjata asli dari Madura ini memiliki bentuk melengkung seperti halnya bulan sabit. Suku Madura memiliki adat tersendiri tentang senjata ini. Hingga kini senjata ini masih eksis. Keren ya?

  1. Golok

Sumber : mata-pisau.com

Golok merupakan senjata buatan suku Melayu dan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya di pulau Jawa, senjata ini sering sekali kita jumpai di berbagai penjuru Indonesia. Golok memiliki bentuk yang bervariasi tergantung dari jenis bahannya, selain itu di dunia beladiri pencak silat juga menggunakan golok sebagai salah satu senjatanya. Hingga kini banyak banget pengrajin golok Indonesia yang mengekspornya ke luar negeri.

  1. Rencong

Sumber : penanegeri.com

Rencong merupakan salah satu senjata yang masih eksis hingga sekarang dan berasal dari Aceh. Suku Aceh menggunakan rencong ini sebagai simbol identitas diri yang dimana tergantung dari bahan pembuatannya. Rencong yang terbuat dari emas menandakan bahwa pemiliknya seorang Sultan, sedangkan untuk rencong yang berbahan perak, kuningan, besi putih, gading dan lainnya menandakan bahwa pemiliknya seorang rakyat biasa. Sekarang ini rencong menjadi Warisan Karya Budaya Dunia UNESCO dan BPNB.

  1. Kujang

Sumber : kebudayaan. kemdikbud.go.id

Kujang merupakan senjata tradisional yang berasal dari Sunda. Senjata ini terbuat dari besi, baja hingga bahan pamor pada abad ke 8 dan 9. Kujang memiliki panjang sekitar 20 hingga 25 cm dengan berat sekitar 300 gram. Sekarang ini Kujang menjadi ciri khas alat pertanian, perlambangan, hiasan maupun cindera mata.

Nah, itulah 5 senjata yang digunakan pada zaman perang dan masih eksis hingga sekarang ini. Indonesia merupakan negara yang kaya, baik kaya dari segi hasil bumi dan alam, maupun kaya warisan adat budaya. Jangan sampai kekayaan ini kita musnahkan dan tinggalkan. Oleh sebab itu, kamu harus bangga menjadi masyarakat Indonesia sob!. Baca juga Tempat Wisata Papua Unik Serta Seru Layak Untuk Diketahui Dan Dikunjungi.